Pages - Menu

Kamis, 18 Oktober 2012

Mengatasi Mata Lelah Akibat Komputer

Bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama dan hampir setiap hari tentunya berdampak kurang baik untuk mata anda.Hal ini disebabkan oleh intensitas penggunana mata yang terlalu tinggi dan radiasi dari komputer sehingga mata menjadi lelah, perih, mata berair, merah, terasa kering, kepala pusing, dsb.
Jika hal tersebut anda rasakan jangan memaksa mata anda, coba istirahatkan mata anda sejenak.
Beberapa cara yang dapat dilakukan agar mata tidak cepat lelah saat bekerja di depan komputer, antara lain :

1.      Jaga jarak pandang dari layar monitor
Jarak pandang yang disarankan adalah sekitar 50-75 cm dari mata.

2.      Atur pencahayaan dari computer
Salah satu penyebab mata lebih cepat lelah adalah radiasi dari pencahayaan komputer yang kuat. Cahaya yang terlalu terang akan membuat banyak cahaya masuk ke dalam mata, sehingga mata akan cepat lelah.

3.      Atur meja kerja, posisi duduk dan posisi keybord
Coba letakkan layar komputer atau laptop dengan posisi di bawah mata, posisi ini tidak membuat mata tidak terlalu terbuka lebar saat menatap layar komputer.

4.      Seringlah berkedip
Ketika focus di depan komputer, secara tak sadar mata lebih jarang berkedip sehingga mengakibatkan mata kurang terlumasi dan kering. Agar mata merasa lebih rileks dan tidak kering jagalah frekuensi berkedip. Kedipan juga berguna untuk mengendurkan otot-otot mata yang tegang dan lelah.

5.      Beristirahatlah 10 hingga 15 menit
Jangan pernah anda menatap layar monitor terlalu lama, sebaiknya beristirahatlah selama 10 hingga 15 menit. Alihkan pandangan dari monitor setiap 10 atau 15 menit dengan melihat objek yang jauh kira-kira 10 detik

6.      Mencuci mata dan muka
Cucilah mata sekaligus muka anda dengan air dingin. Air dingin akan membuat mata menjadi rileks dan kembali segar serta mengurangi ketegangan mata akibat lelah. Untuk mengatasi mata lelah tidak dianjurkan dengan menggunakan cairan tertentu.

7.      Gunakan kacamata anti radiasi
Dengan kacamata anti radiasi ini akan membantu mengatasi mata cepat lelah akibat duduk di depan layar monitor. Anda bisa mengunjungi toko optik terdekat untuk membeli kacamata “anti lelah” ini.

Demikian beberapa cara yang bisa kita lakukan agar mata tidak cepat lelah akibat terlalu lama di depan komputer.

(Sumber : berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar